Jumat, 24 Agustus 2018

11 MANFAAT KOPI YANG HARUS KAMU TAHU!


MANFAAT KOPI
Banyak orang belum mengetahui manfaat kopi, banyak fakta menyebutkan bahwa kopi sangat menyehatkan bagi tubuh karena kopi mengandung antioksidan dan nutrisi penting lainnya yang baik bagi tubuh kita. Penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi lebih rendah resikonya terjangkit beberapa penyakit serius. Bukan hanya itu banyak manfaat lain dari kopi yang akan kita bahas berikut ini.


1.      Kopi bisa membuat anda semakin pintar

Kopi mengandung bahan kimia yaitu kafein, ya kita semua tahu tentang itu, namun apakah kita tahu bahwa kafein adalah stimulan sistem syaraf pusat? Saat kita meminum kopi, kafein berjalan menuju otak yang mana bertanggung jawab meningkatkan penembakan neuron dan meningkatkan metabolisme di seluruh otak kita. Bisa diterapkan nih untuk para pembaca apabila akan ada ujian ataupun belajar, kita bisa meminum kopi agar otak kita lebih rileks dan mudah menangkap apa yang pelajari. 

2.      Kopi dapat menurunkan tingkat depresi

Depresi adalah kelainan suasana hati kronis dan serius yang memengaruhi lebih wanita dua kali lebih banyak daripada pria, ini menyebabkan gejala berat yang memengaruhi cara kita berpikir, merasa, dan berurusan dengan kegiatan sehari – hari seperti halnya tidur, makan, atau bekerja sekalipun. Sekitar 20% wanita akan terpengaruh oleh depresi selama masa hidup mereka. Pertanyaannya, apa hubungan kopi dengan depresi?
Kopi dapat menurunkan tingkat depresi, para peneliti Harvard menganalisis data dari 200.000 orang dengan tingkat stress dan depresi yang beragam dalam tiga survei nasional. Setiap empat tahunnya mereka menganalisa berapa banyak kopi dan bentuk kafein yang dikonsumsi. Mereka juga melihat sertifikat kematian para peserta dan menemukan bahwa 277 dari peserta telah bunuh diri. Peneliti menemukan, orang yang minum kopi antara dua hingga empat cangkir kopi hitam per hari hanya memiliki setengah kemungkinan untuk meninggal akibat bunuh diri yang disebabkan oleh stress ataupun depresi. Maka dari itu mari kita minum kopi agar tidak mudah depresi.
 


3.      Kopi dapat menurunkan resiko kanker kulit

Kafein dalam kopi dapat menurunan resiko kanker kulit, orang yang mengonsumsi setidaknya 4 cangkir kopi sehari memiliki resiko 20% lebih rendah terserang kanker kulit melanoma. Sebuah studi oleh institute of health menemukan bahwa asupan kopi yang lebih tinggi dikaitkan dengan sedikit penurunan resiko dari jenis kanker kuli tertentu yang disebut melanoma. Jika anda khawatir akan resiko kanker kulit, coba tambahkan beberapa cangkir kopi untuk diet anda agar membantu menurunkan resiko kanker kulit anda. 

4.      Kopi dapat membantu mencegah penyakit hati

Jika anda peminum alkohol secara rutin, coba baca fakta berikut ini. Penelitian telah menunjukkan bahwa kopi mengandung zat yang dapat melindungi tubuh kita terhadap penyakit hati yang disebut sirosis. Jika anda belum pernah mendengar apa itu sirosis, ini adalah kondisi dimana jaringan hati anda rusak dan diganti dengan jaringan parut (bekas luka). Ini disebabkan oleh beberapa hal seperti infeksi, obesitas, dan kondisi lainnya, namun biasanya hal ini terjadi karena terlalu banyak meminum alkohol. Minum kopi secara teratur telah terbukti menjadi detoks alami untuk membantu melindungi tubuh terhadap timbulnya sirosis, terutama sirosis yang disebabkan oleh alkohol. Jadi saran dari saya jangan terlalu banyak minum terlalu banyak alkohol, sebagai gantinya saya merekomendasikan untuk meminum kopi secara teratur agar tubuh anda terdetoksifikasi dan memberi sedikit perlindungan ekstra untuk hati anda.

5.      Kopi dapat melindungi terhadap penyakit jantung dan stroke

Penelitian menunjukkan bahwa (wanita) peminum kopi moderat dapat menurunkan resiko penyakit jantung coroner terhadap wanita. Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi kopi yang lebih tinggi mengurangi resiko timbulnya penyakit kardiovaskular dan stroke. Tidak dipungkiri, minum kopi tidak akan sepenuhnya menghilangkan kemungkinan berkembangnya penyakit jantung ataupun mengalami stroke (anda juga harus menjaga pola makan, gaya hidup sehat, dan gen yang baik tentunya.). jika hanya menambahkan kopi dalam diet anda dapat membantu menurunkan resiko terjadnya penyakit, mengapa tidak mencobanya?


6.      Kopi dapat membantu mencegah diabetes

Diabetes adalah masalah kesehatan yang sangat besar di mana – mana dengan lebih dari 400 juta penderita,memengaruhi sekitar 8% orang dewasa usia diatas 18 tahun yang terkena dampak di seluruh dunia. penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum kopi memiliki resiko yang jauh lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Dalam penelitian lainnya, peserta dengan total konsumsi harian minimal tiga cangkir kopi mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2 sekitar 42%. Jika anda mulai khawatir dengan diabetes, anda mungkin mulai memasukkan kopi dalam menu diet anda secara teratur untuk meningkatkan peluang mencegah diabetes. Tapi pastikan untuk mebatasi gula yang akan anda tambahkan di dalam kopi anda, atau anda dapat menggunakan pemanis yang lebih sehat.

7.      Kopi merupakan sumber antioksidan dan nutrisi baik

Percaya atau tidak, kopi memiliki banyak nilai gizi. Kopi mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk riboflavin (11% dari AKG), asam pantotenat (6% dari AKG), unsur mangan (3% dari AKG), potassium (3% dari AKG), magnesium (3% dari AKG), dan niacin (2% dari AKG). Ini juga merupakan salah satu sumber tertinggi dalam American diet. Antioksidan adalah zat yang mencegah ataupun menunda kerusakan sel, dan atioksidan juga dapat mengontrol seberapa cepat anda dalam melawan radikal bebas.
Nah, selanjutnya apabila anda melihat kopi, ingat itu bukan hanya air berwarna hitam saja, tapi itu adalah sumber antioksidan dan nutrisi yang nikmat.

8.      Kopi meningkatkan metabolisme dan kinerja anda lebih baik

Penilitian menunjukkan bahwa minum kopi sebenarnya dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh anda dan membantu dalam proses pembakaran lemak lebih cepat, sehingga secara positif memengaruhi penurunan berat badan anda. Kafein melakukan ini dengan merangsang sistem saraf anda, dengan cara mengrim sinyal ke sel – sel lemak anda untuk menguraikan lemak dalam tubuh. Ini juga telah terbukti meningkatkan kinerja atletik dan daya tahan selama olahraga. Dua alasan ini saja cukup mengagumkan untuk minum lebih kopi lebih banyak, terutama sebelum pergi ke gym.


9.      Kopi dapat membantu melindungi anda dari demensia dan alzemeir

Alzemeir adalah jenis penyakit yang menyebabkan masalah dengan ingatan dan fungsi mental penting lainnya. Gejala ini biasanya berkembang perlahan dan memburuk dari waktu ke waktu, hingga akhirnya mengganggu aktivitas sehari – hari. Jika anda pernah melihat seseorang mengidap alzemeir atau demensia, anda tahu betapa dahsyatnya kondisi ini, bukan hanya padapenderitanya tetapi juga bagi orang – orang di sekitarnya. Penelitian telah menemukan bahwa minum 3-5 cangkir kopi per hari dapat menurunkan sampai 65% resiko terkena penyakit alzemeir dan dimensia. Itu adalah salah satu argument paling menarik dan mendukung agar kita minum kopi setiap hari yang pernah saya dengar.

10.  Kopi dapat membantu mengurangi gejala penyakit Parkinson

Parkinson adalah penyakit kelainan kronis yang melibatkan malfungsi dan kematian sel-sel saraf tetentu di otak (neuron). Ini adalah penyakit progresif, yang berarti bahwa gejala memburuk dari waktu ke waktu. Penyebabnya tidak diketahui dan belum ada obatnya. Diseluruh dunia hampir 7 juta orang terjangkit penyakit ini. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi dan kafein yang lebih tinggi dikaitkan dengan insidensi penyakit Parkinson yang jauh lebih rendah. Manfaat ini sama dengan pengurangin alzemeir dan dimensia, menjadikan kopi sebagai bagian penting dari strategi anda untuk menjadi tua tanpa kehilangan kekuatan mental.

11.  Kopi dapat membantu anda berumur panjang

Mengingat fakta bahwa peminum kopi cenderung jarang terkena penyakit, masuk akal bahwa kopi dapat membuat kita berumur panjang. Sebenarnya ada beberapa penelitian observational yang menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki resiko kematian yang lebih rendah. Dalam dua penelitian yang sangat besar, minum koi dikaitkan dengan resiko kematian 20% lebih rendah pada pria dan 26% resiko kematian yang lebih rendah pada wanita, selama periode 18 – 24 tahun. Efek ini tampaknya sangat kuat pada penderita diabetes tipe 2. Dalam studi, para penderita diabetes yang minum kopi memiliki resiko kematian 30% lebih rendah selama periode studi 20 tahun. Apakah anda sudah cukup yakin untuk mulai meminum kopi setiap hari? mungkin iya setelah mengetahui 11 manfaat kopi yang telah dijelaskan diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar